Video

728x90 AdSpace

News Ticker

Piala Asia U-22 AFC untuk Kualifikasi Olimpiade

By Admin Blog - Selasa, 14 Februari 2012 No Comments
Jadwal Kualifikasi Piala ASIA U23 AFC CupSepakbola Asia masih tergolong belum profesional, masih dalam taraf berkembang. Termasuk di Indonesia, sepakbola Indonesia masih jauh dari kata bagus dan profesional. Untuk memajukan persepakbolaan di tingkat ASIA, Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) berusaha menjadikan kualifikasi Olimpiade lebih menarik dengan mengubahnya menjadi Piala Asia U-22. Piala Asia U-22 akan digelar perdana tahun 2013 mendatang, namun kualifikasinya dimulai sejak 23 Juni hingga 3 Juli 2012.

AFC berencana menggunakan edisi selanjutnya dari turnamen dua tahunan ini (tahun 2015), sebagai kualifikasi untuk menuju Olimpiade 2016.

“Ini adalah turnamen terkini yang kami ciptakan, jadi undian ini merupakan peristiwa bersejarah. AFC memandang kompetisi ini sebagai kompetisi tim nasional terbesar kedua (di Asia), dilihat dari dampak dan kepentingannya terhadap perkembangan kompetisi baik bagi AFC maupun asosiasi sepak bola anggotanya,” ungkap Direktur Eksekutif Kompetisi AFC, Windsor John, seperti dinukil dari situs resmi AFC.

“Kompetisi ini nantinya akan menjadi kualifikasi untuk Olimpiade, dimulai dengan Rio (de Janeiro, Brasil) 2016, jadi kami harap bisa menarik lebih banyak perhatian dari fans serta asosiasi sepak bola anggota, dan menegaskan kelas kompetisi ini sebagai yang terbesar kedua bagi tim nasional di bawah AFC,” lanjutnya.

Dengan diperkenalkannya kompetisi ini, kini kami meletakkan dasar pengembangan yang sangat terstruktur untuk para pesepak bola di Asia, dimana sebelumnya AFC sudah memiliki kompetisi untuk U-16 dan U-19,” tandasnya.

Total 23 negara dari Zona Barat dan 18 negara dari Zona timur akan terbagi dalam tujuh grup yang masing-masing berisi enam atau lima tim. Dua tim teratas dari masing-masing grup nantinya akan lolos ke putaran final, ditambah satu peringkat ketiga terbaik dan satu tuan rumah.

Laga kualifikasi akan digelar dalam satu putaran liga di tiap grup. Artinya, masing-masing tim di tiap grup akan bertemu hanya sekali di tempat yang akan ditentukan kemudian oleh AFC.

Hasil undian peserta kualifikasi AFC U22 Piala Asia

GROUP A: Uni Emirat Arab, Iraq, Oman, India, Turkmenistan, Lebanon

GROUP B: Arab Saudi, Syria, Pakistan, Palestina, Kyrgyzstan, Sri Lanka

GROUP C: Bahrain, Iran, Tajikistan, Qatar, Kuwait, Maladewa

GROUP D: Uzbekistan, Yordania, Yemen, Bangladesh, Nepal

GROUP E: Australia, Jepang, Indonesia, Singapura, Makau, Timor-Leste

GROUP F: Korea Utara, Cina, Thailand, Hong Kong, Laos, Kamboja

No Comment to " Piala Asia U-22 AFC untuk Kualifikasi Olimpiade "