Video

728x90 AdSpace

News Ticker

Kabar Naturalisasi Kim Kurniawan Ke Timnas Indonesia

By Admin Blog - Sabtu, 18 Desember 2010 No Comments
Foto kim kurniawan naturalisasi timnas Indonesia kabar kim kurniawan

Kabar terbaru pemain naturalisasi Indonesia. Niat BTN untuk memanggil kim kurniawan menjadi pemain naturalisasi rupanya sudah hampir temu titik terangnya. Kim Kurniawan rupanya akan segera dimasukkan ke timnas Indonesia, "Secara prinsip dia (Kim) sebenarnya sudah dinaturalisasi. Secara administrasi, sebentar lagi rampung," kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, Aidir Amin Daud, Jumat, 17 Desember.

Aidir menambahkan, proses naturalisasi kim kurniawan sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama, terutama jika syarat-syaratnya terpenuhi. Syaratnya juga tidak terlalu rumit. Jika yang bersangkutan bisa membuktikan memiliki darah Indonesia, maka prosesnya bisa lebih cepat.

Ayah Kim, Petrus Irawan Kurniawan, misalnya, masih keturunan asli Indonesia. Bahkan dia masih sangat fasih berbahasa Indonesia. Hanya ibunya, Uschi Sonja, yang warga asli Jerman.
Dalam wawancara sebuah stasiun televisi baru-baru ini, Kim mengaku sudah tidak sabar bermain untuk Timnas Indonesia. Hanya saja, saat ini dia cedera.

Berbeda dengan Kim, dua pemain calon naturalisasi lainnya, Jhon Rudolf van Beukering dan Raphael Guillermo Eduardo Maitimo, butuh waktu lebih lama. Sebab keduanya mesti menjalani naturalisasi murni.

Keduanya tidak memiliki keturunan Indonesia secara langsung. Berbeda dengan Kim yang ayahnya masih orang Indonesia. Meski sudah sempat berlatih bersama timnas Indonesia sebelum Piala AFF, keduanya belum pasti bisa dinaturalisasi.

Menurut Aidir, proses naturalisasi murni harus diproses hingga tingkat presiden dan mendapat persetujuan DPR. Makanya, Aidir tidak bisa memperkirakan berapa lama proses naturalisasi itu akan berlangsung.

Sebenarnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengusulkan empat pemain baru untuk dinaturalisasi. Satu pemain lainnya adalah Tobias Jesajas Waisapy. Pemain asal klub Excelsior FC yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini mengundurkan diri.

No Comment to " Kabar Naturalisasi Kim Kurniawan Ke Timnas Indonesia "