Video

728x90 AdSpace

News Ticker

Sergio Van Dijk dan Kim Jeffrey Kurniawan Masuk Timnas

By Admin Blog - Rabu, 15 Desember 2010 No Comments
Foto Kim Kurniawan, Profil Kim Kurniawan

Setelah Sergio Van Dijk, Indonesia kembali kedatangan pemain naturalisasi lainnya, Kim Jeffrey Kurniawan. Berbeda dengan Sergio yang enggan melepas kewarganegaraan Belanda-nya, Kim yang masih berstatus warga negara Jerman justru siap menjadi warga Indonesia sepenuhnya.

Pria berdarah campuran Jeman-Indonesia itu kini bermain untuk FC Heidelscheim, sebuah klub yang berkompetisi di Divisi III Bundesliga.

Ditemui di kediamannya di Jakarta, baru-baru ini, Kim yang memiliki darah Indonesia dari ayahnya mengakui adanya tawaran dari PSSI untuk membela timnas U-23. Namun hingga kini dirinya belum memutuskan akan bergabung atau tidak. Tetapi yang pasti Kim siap jika dipanggil pelatih Alfred Riedl kapan pun. Bahkan ia rela melepas kewarganegaraan Jerman-nya untuk sepenuhnya menjadi WNI.

Kim yang masih berusia 20 tahun berencana mengikuti jejak sukses kakeknya yang mantan pemain Persija dan timnas Indonesia era tahun 50-an. Dalam waktu dekat, Kim akan bertolak ke Malang untuk melakukan negosiasi dengan klub Persema Malang. Boleh jadi itu langkah Kim untuk berkarier di Indonesia.

Sementara itu, menanggapi niat PSSI untuk melakukan naturalisasi pemain, legenda sepak bola era 80-an Ricky Yakobi menyatakan tidak setuju dengan langkah PSSI tersebut. Ricky memandang itu hanyalah langkah instan PSSI untuk bisa meningkatkan prestasi sepak bola tanah air.

"Yang harus dipikirkan (PSSI) adalah solusi jangka panjang, yaitu pembinaan usia dini," ujar Ricky.

Selain itu Ricky juga menganggap sistem naturalisasi dapat memperkecil peluang generasi muda untuk dapat membela timnas. Padahal, kualitas pemain naturalisasi pun belum tentu lebih baik dari 330 juta warga Indonesia.

No Comment to " Sergio Van Dijk dan Kim Jeffrey Kurniawan Masuk Timnas "